Tips memilih ban untuk alat berat

Salah satu tanggung jawab dari memiliki kendaraan alat berat pribadi adalah merawat ban dengan memilih ban alat berat yang bagus. Seperti yang kita ketahui, ban adalah komponen yang dimiliki oleh semua jenis kendaraan alat berat. Karena pemakaian dan bersinggungan dengan jalan setiap hari, maka pada satu titik ban harus diganti atau diisi […]

Tips memilih ban untuk alat berat

Salah satu tanggung jawab dari memiliki kendaraan alat berat pribadi adalah merawat ban dengan memilih ban alat berat yang bagus. Seperti yang kita ketahui, ban adalah komponen yang dimiliki oleh semua jenis kendaraan alat berat. Karena pemakaian dan bersinggungan dengan jalan setiap hari, maka pada satu titik ban harus diganti atau diisi angin dan sebagainya.

Risiko ini bukannya menakut-nakuti, karena jika seseorang salah memilih ban yang bagus bisa-bisa terjadi oleng di jalan terutama untuk beban yang dibawahnya. Atau yang lebih buruknya, kendaraan tidak bisa berjalan dengan posisi seimbang, apalagi jika kondisi jalanan yang tidak bagus.

Dengan demikian, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara berawal dari memilih ban yang bagus. Bukan sekedar merk saja, cuma tipe, ukuran, jenis semua harus diperhitungkan secara matang. Karena sangat penting dan kesalahannya dapat berisiko, libatkan orang lain untuk proses pemilihan ini.

Tips memilih ban

Memilih ban harus dilakukan secara teliti, agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Biar kamu tidak salah, berikut ini adalah tips memilih ban yang bagus dengan benar seperti yang sekarang banyak di pasaran.

Memilih ban sesuai dengan tipenya

Jangan salah memilih tipe ban. Setiap kendaraan punya tipe dan ukuran bawaan sendiri. Tipe tersebut diukir pada bagian plakat laci atau pintu, tergantung jenis kendaraan dan beban yang dibawahnya. Selain itu, ada juga yang mencantumkannya di dekat tutup tangki bahan bakar. So ketika kamu memilih ban mobil yang bagus, jangan lupa lihat dulu rekomendasi dari pabrikan yang baik.